Anti Gagal, Ini Dia 4 Tips Jitu Supaya Bawang Goreng Bikinan Kamu “Renyah” dan “Garing” Maksimal!

Bawang goreng adalah pelengkap masakan yang bisa menambah rasa masakan menjadi lebih enak dan gurih. Beberapa masakan ada yang terasa kurang sedap tanpa ditaburi bawang goreng, seperti soto betawi, mie ayam, sop ayam, dan masih banyak lagi.

Nah, berikut ini ada sedikit tips agar bawang goreng yang kamu buat renyah, garing, dan kriuknya tahan lebih lama.

1. Pilih bawang merah yang masih segar

Sponsored Ad


Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah pilih bawang merah yang masih segar. Bawang yang masih segar bisa dilihat dari kulit luarnya yang terlihat licin dan mulus. Jika sudah terlihat agak berkerut, itu tandanya bawang tersebut sudah tidak segar lagi.

2. Tambahkan penyedap rasa pada irisan bawang

Sponsored Ad

Sebelum menggoreng bawang, tentu kamu harus mengirisnya dulu. Nah irislah bawang tipis-tipis, setelah itu taburkan bumbu penyedap rasa. Jika tidak ada, boleh kamu ganti dengan garam. Kemudian aduk pelan-pelan supaya rata. Setelah itu taburkan tepung beras dengan perbandingan 1 : 1, artinya untuk 1 kilogram bawang merah cukup kamu taburkan 1 sendok makan tepung beras saja. kemudian aduk lagi ya pelan-pelan supaya tepungnya rata dan irisan bawangnya tidak hancur.

Sponsored Ad

3. Gunakan api sedang saat menggoreng bawang


Nah selanjutnya nih, tahap menggoreng. Harus kamu perhatikan ya, jangan pernah  menggunakan api besar saat menggoreng bawang karena nanti bawangnya akan cepat gosong. Saat menggoreng bawang kamu harus bersabar, gorenglah bawang dengan api yang kecil. Memang memakan waktu lebih lama, tapi bawang gorengmu akan matang secara merata dan rasanya lebih garing. Jangan lupa untuk sering-sering diaduk ya bawangnya saat digoreng.

Sponsored Ad

4. Simpanlah bawang goreng di dalam toples yang kedap udara

Nah yang terakhir, setelah bawang goreng buatan kamu itu matang, simpanlah di dalam toples yang kedap udara. Dengan begitu bawang gorengmu renyahnya akan tahan lebih lama.

Itulah sedikit tips membuat bawang goreng lebih renyah dan garing. Yuk, buruan dicoba.

Sumber: IDN Times

Kamu Mungkin Suka