Terdengar Gemuruh, Tak Disangka Keadaan Gunung Krakatau Sebelum Tsunami Bikin Merinding!

Pahrully, salah satu warga yang tengah berlibur di Pantai Anyer, Banten menceritakan detik-detik tsunami dan gelombang pasang di lokasi tempatnya berlibur.

Diceritakan, sebelum terjadinya tsunami dan gelombang pasang, Gunung Anak Krakatau mengeluarkan gemuruh dan memuntahkan lava pijar yang menurutnya tidak biasa. Fenomena itu pun ia abadikan dalam akun Instagram pribadinya @Pahrully. Dalam unggahan tersebut diceritakan bahwa warga lainnya berbondong mengamati aktivitas Gunung Anak Krakatau menggunakan teropong di planetarium setempat.

Sponsored Ad

"Sejak sore gunungnya sudah memuntagkan lavanya, mas. suara gemuruh seperti tumbukan berkali-kali sejak Sore," jelasnya kepada Okezone, Minggu (23/12/2018).

Sponsored Ad

Ia melanjutkan, saat sore hari, seiring dengan aktivitas gunung yang makin besar, air laut pun naik dengan ketinggian yang tidak biasa. "Kami dan teman-teman dari planetarium sempat melihat dengan teleskop jarak jauh foto gunung tersebut yang sudah meluapkan lavanya sejak sore. Menjelang malam, semakin terlihat warna merah letupannya," imbuhnya.

"Menjelang pukul 9 malam, ketinggian air sudah tidak masuk akal. Ketinggian laut ke vila tempat kita tinggal mencapai kurang lebih dua meter tapi menjelang pukul 9 malam, luapan ombak hingga masuk ke dalam lantai 1 villa tempat kami tinggal.," ungkapnya.

Bukan cuma air laut, batu karang dan sampah pun naik hingga villa tempatnya menginap. Bahkan mobil miliknya pun terendam. Warga pun panik dan mencari tempat yang lebih tinggi, yakni ke rumah warga.

Sumber: okezone

Kamu Mungkin Suka