Ternyata Kaya Gini Cara Pintar Ibu Memilih Daging Sapi yang Masih Segar, “Trik” Rahasianya Jitu Hanya Dalam 10 Menit Praktek

Pernah gak kamu penasaran ketika membeli daging segar di supermarket? Atau pernah gak kamu penasaran sudah berapa lama daging segar ini keluar masuk freezer? Masih banyak supermarket di Indonesia yang tidak memberikan tanggal jual di kemasan dagingnya. Lalu tahu dari mana kamu kalau daging itu benar-benar segar dan tidak mendekati rusak?

Berikut adalah 5 cara mengetahui kesegaran daging yang dijual di supermarket. Kamu juga bisa mempraktekkannya langsung ketika membeli daging di pasar.

Sponsored Ad

1. Daging segar itu punya warna merah yang cantik


Warnanya harus merah terang, bukan merah gelap. Warna daging yang seperti ini adalah daging yang paling segar. Jika warnanya sudah gelap bahkan ke arah agak ungu, kamu perlu waspada. Memang masih bisa dimakan, tapi rasanya sudah gak seenak biasanya.

Sponsored Ad

2. Tekan dagingnya, kemudian perhatikan permukaannya

Kamu bisa mempraktekkan cara ini meskipun dagingnya terlapisi plastik. Daging segar mempunyai tekstur yang masih tegas, jadi dia kembali ke posisi awal ketika ditekan. Sedangkan daging tak segar ketika ditekan, posisinya akan tetap seperti itu.

Sponsored Ad

Lalu bagaimana kalau daging yang kebetulan kamu temui itu beku? Kamu bisa andalkan dua hal, yang pertama tanya pada penjual apakah ada daging dingin yang tidak beku sehingga bisa kamu cek. Namun jika tidak ada, yang bisa kamu andalkan adalah insting.

Jika instingmu mengatakan tidak meski penjual sudah menjelaskan kesegarannya, ya jangan dibeli.

3. Ditekan juga membuatmu tahu apa yang menempel di permukaan daging

Sponsored Ad


Cara ini bisa kamu lakukan ketika melihat daging yang tak terlapisi plastik. Daging yang segar permukaannya bersih, dan kamu juga bisa langsung merasakan teksturnya. Namun jika saat menyentuh dan kamu merasakan lendir, jangan beli daging tersebut. Itu artinya bakteri sudah banyak berkembang yang membuat daging tersebut rusak.

4. Selalu cium bau dagingnya, ini merupakan cara yang paling efektif

Sponsored Ad

Hidungmu merupakan senjata paling berguna untuk memeriksa kesegaran daging. Jika daging mengeluarkan bau asam dan busuk, itu berarti sudah tidak segar. Bau ini juga bisa keluar meski daging sudah cincangan. Jadi jangan seratus persen percaya jika penjual bilang daging olahan itu masih baik-baik saja ya.

5. Cara terakhir, tanyakan pada penjual sudah berapa lama daging tersebut dipajang

Sponsored Ad

Ingat kalau di supermarket, itu berarti daging sempat keluar masuk freezer dan sempat mengalami perubahan suhu yang cukup ekstrim. Yang perlu kamu lakukan adalah bertanya pada penjual sudah berapa hari daging tersebut keluar masuk. Jika dalam jangka waktu 1-3 hari, berarti masih aman kamu konsumsi. Tapi kalau sudah 4-5 hari, apalagi lebih dari 5 hari, berarti daging itu sudah gak segar bahkan patut kamu curigai.

Sebenarnya memilih daging merah yang segar itu gampang-gampang susah, hanya insting yang perlu kamu latih. Meski kamu sudah melakukan langkah di atas tapi instingmu mengatakan tidak dan kamu ragu untuk membelinya, turutilah dan jangan dibeli. Selamat memilih!

Sumber: IDN Times

Kamu Mungkin Suka